Biaya Ganti Lampu Depan Motor Scoopy 2024: Original & Variasi

Andri Darmawan

Biaya Ganti Lampu Depan Motor Scoopy – Lampu depan motor merupakan salah satu komponen yang penting didalam kendaraan. Pasalnya, komponen tersebut mempunyai fungsi sebagai sistem penerangan pada malam hari dan sangat berbahaya apabila lampu depan motor mati.

Jika demikian, maka tentunya dibutuhkan adanya perbaikan ataupun penggantian komponen. Akan tetapi banyak dari kalian belum mengetahui biaya ganti lampu depan motor Scoopy. Bahkan sebagian dari mereka terkadang meremehkan kerusakan lampu depan motor Scoopy.

Pada umumnya, biaya ganti lampu depan motor Scoopy akan bergantung pada merek maupun tipe produk. Selain itu, pihak bengkel juga biasanya akan memiliki ketentuan terkait tarif jasa pelayanannya masing-masing, entah itu di bengkel umum ataupun resmi.

Untuk sobat Abikublog jika ingin mengganti lampu, perlu diketahui dulu besaran rincian tarifnya. Di bawah ini kami akan memberikan informasi besaran biaya ganti lampu depan motor Scoopy beserta penyebabnya.

Ciri Lampu Depan Motor Scoopy Rusak

Ciri lampu depan motor Scoopy rusak biasanya ditandai dengan lampu menjadi redup. Hal tersebut bisa terjadi karena terlalu lama menggunakan motor atau jarang untuk merawatnya. Lamanya pemakaian lampu juga dapat menjadi redup, sehingga sinar yang dihasilkan lampu kurang stabil dan menjadi terang redup secara bergantian.

Selain itu, terdapat juga beberapa ciri saat lampu depan motor Scoopy mengalami kerusakan yaitu ketika sering berkedip. Dimana LED berkedip itu tandanya emiter atau driver LED tidak mengirimkan listrik secara stabil. Biasanya lampu depan pada motor itu sendiri membutuhkan arus listrik stabil.

Penyebab Lampu Depan Motor Scoopy Mati

Lampu motor yang mati akan cukup mengganggu kenyamanan saat berkendara, terutama pada saat berkendara malam hari. Penyebab lampu motor mati itu cukup beragam, dan salah satu kerusakannya terkadang bukan dari kualitas lampu.

Bila mengalami lampu motor mati atau menunjukkan ciri-ciri akan mati seperti cahayanya mulai meredup, sebaiknya kalian segera mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Lampu mati terkadang bisa karena hal sepele, tetapi juga karena ada faktor lainnya.

Sebelum mengetahui biaya ganti lampu depan motor Scoopy original, mitasi maupun variasi lebih lanjut, terlebih dulu ketahui beberapa penyebab yang mengakibatkan lampu motor mati berikut ini.

Kemasukan Air

Bagian karet rumah lampu kehilangan kelenturan dan menjadi keras hingga mudah retak. Longgarnya karet rumah lampu tersebut mengakibatkan air mudah masuk ke dalamnya. Lebih parah jika air masuk ke dalam reflektor, maka akan mengakibatkan lampu motor mudah putus.

Kabel Korslet

Bagian kabel pada lampu mungkin ada yang putus sehingga harus diperbaiki. Mencari tahu bagian mana kabel rusak selanjutnya menggantinya adalah salah satu cara untuk bisa memperbaikinya.

Dudukan Lampu Rusak

Dudukan lampu juga mudah rusak akibat pemakaian atau karena menggunakan produk berkualitas rendah, selama dudukan lampu yang digunakan masih bawaan pabrik biasanya jauh lebih awet. Dudukan lampu rusak akan membuat sambungan kabel jadi tidak bisa mengalirkan arus listrik. Maka setiap terkena getaran, lampu mudah mati.

Saklar Berkarat

Saklar adalah komponen penting untuk menyalurkan daya dari aki ke bagian bohlam ketika ditekan, saklar tersebut berpengaruh besar supaya bisa menyala. Masalah pada saklar pun sering terjadi seperti timbulnya karat atau tersumbat kotoran yang jarang dibersihkan. Saat terdapat kotoran maka saklar akan membuat arus listrik tidak stabil dan lampu jadi mudah putus.

Spul Rusak

Komponen spul berfungsi untuk meningkatkan arus listrik yang di hasilkan, berupa kumparan kawat. Jika salah satu kumparan rusak maka arus listrik yang dialirkan ke kiprok jadi rendah. Alhasil lampu tersebut tidak mendapatkan daya, maka akan mudah putus dan bisa menjadi mati.

Daya Aki Terisi Lebih

Pengisian aki otomatis adalah ketika motor digas, arus tersebut masuk lebih dari 14,55 atau 15,5 volt. Jika jumlahnya melebihi batas, maka lampu motor bisa mati. Efek yang terjadi adalah aki motor cepat panas dan membahayakan komponen lainnya.

Kiprok Rusak

Kiprok merupakan komponen untuk menstabilkan arus dan tegangan yang mengalir. Sehingga kerusakan terjadi pada kiprok akan mengganggu arus daya untuk menuju ke lampu. Arus bisa tidak stabil, sehingga pengisian tidak lancar dan lampu mudah putus.

Kualitas Lampu

Standar lampu untuk sebuah motor dapat berbeda-beda, baik itu dari ukuran watt atau spesifikasi lainnya. Kualitas lampu tidak bagus seringkali menjadi penyebab utama, maka pastikan dulu sebelum membeli lampu cari tahu dulu kualitasnya sesuai dengan standar motor.

Biaya Ganti Lampu Depan Motor Scoopy

Lampu pada motor tak hanya bersifat estetika saja. Namun keberadaannya berfungsi untuk menerangi jalan pada saat malam hari maupun memberikan tanda bagi pengendara lain, termasuk di motor Scoopy. Jika terjadi kerusakan, maka dibutuhkan adanya penggantian komponen.

Untungnya, saat ini ganti lampu depan motor Scoopy sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat, entah itu di bengkel umum maupun resmi. Adapun biaya ganti lampu depan motor Scoopy sendiri berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 60.000 itu hanya harga lampunya saja belum termasuk jasa pemasangannya.

Untuk biaya jasanya sendiri juga di tentukan dengan masing-masing bengkel dan mekaniknya untuk kisaran umumnya yaitu Rp 15.000 sampai Rp 30.000. Dimana ongkos jasa ganti lampu depan Scoopy tergantung dari tingkat kesulitannya.

Cara Merawat Lampu Depan Motor Scoopy

Setelah mengetahui biaya ganti lampu depan motor Scoopy, kalian juga perlu mengetehaui cara mencegahnya. Sebagian besar sepeda motor si Indonesia didesain mempunyai sistem lampu depan akan otomatis menyala, atau dikenal Automatic Headlight On (AHO).

Lampu yang menyala terus akan membuat panas dan berisiko cepat putus. Sebagai informasi tambahan, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips atau cara mencegah lampu depan motor Scoopy mati.

  • Jangan mencuci motor ketika kondisi mika lampu masih panas
  • Setiap berkendara sesekali memainkan switch dimmer, supaya panas dapat menyebar

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari www.abikublog.com mengenai biaya ganti lampu depan motor Scoopy beserta ciri penyebab hingga tips mencegah. Semoga artikel di atas bisa dijadikan referensi ketika kalian mengalami hal serupa.

Bagikan: