Biaya Skotlet Motor Scoopy Full Body Per Meter 2024

Andri Darmawan

Biaya Skotlet Motor Scoopy Full Body – Skotlet adalah bahan pelapis yang digunakan untuk mengubah tampilan serta desain eksterior kendaraan. Dengan menggunakan skotlet, motor dapat memberikan sentuhan personalisasi hingga estetika unik.

Atas dasar atau alasan tersebut maka tidak heran jika banyak dari kalian ingin melakukan skotlet full body dengan warna-warna unik dan cantik. Namun, masih banyak orang diluar sana mempertanyakan terkait berapa besaran biaya skotlet motor Scoopy full body.

Biaya memasang skotlet untuk motor Scoopy full body nantinya akan berbeda-beda tergantung pada tempat dan upah jasa pemasangan. Selain itu, tingkat kesulitan pemasangan skotlet juga akan mempengaruhi tarif jasa pelayanannya.

Oleh karena itu, ketika sobat Abikublog ingin memasang skotlet, ketahui terlebih dahulu rincian biayanya. Dibawah ini kami akan memberikan penjelasan besaran biaya skotlet motor Scoopy full body beserta jenis-jenisnya.

Fungsi Skotlet Motor

Skotlet merupakan jenis stiker atau vinyl wrap yang digunakan untuk mengubah tampilan sepeda motor. Karena menggunakan bahan dasar vinyl, sehingga skotlet tersebut mempunyai sifat fleksibel. Penggunaan skotlet pada motor menawarkan beberapa fungsi, berikut penjelasan mengenai fungsi skotlet di motor.

1. Melindungi Cat Asli

Selain membuat tampilan menjadi menarik, menggunakan skotlet juga dapat melindungi cat asli dari kerusakan atau goresan akibat benturan. Karena skotlet mengandung bahan vinyl cukup tebal sehingga bisa melindungi gesekan dan benturan.

2. Menutup Goresan Cat

Jika cat motor sudah ada goresan, skotlet merupakan solusi praktis untuk menutup bekas goresan. Menariknya lagi, harga skotlet di pasaran saat ini tergolong lebih murah dibanding harus mengecat ulang.

3. Menjaga Warna Cat Motor

Air merupakan musuh pada warna motor. Pasalnya ketika sering dicuci dan dibersihkan dengan cairan kimia, maka warna motor lama-kelamaan akan memudar. Tetapi, jika hal tersebut tidak akan terjadi kalau dilapisi skotlet, Skotlet tersebut akan melindungi body motor.

4. Melindungi Dari Panas Matahari

Sinar matahari juga bisa merusak body motor ketika sedang digunakan dalam perjalanan. Oleh karena itu, setiap motor tentunya memerlukan perlindungan, salah satunya dengan menggunakan skotlet.

5. Mempercantik Motor

Ketika timbul rasa bosan dengan tampilan motor, sering kali ingin mempercantik warna body motor. Pilihan tersebut bisa jadi berakhir dengan cara menggunakan skotlet atau di cat. Jika memilih cat permanen, warna tetap menempel dibagian body motor. Namun, jika hanya memperindah dengan skotlet warna-warni, tinggal dicabut jika merasa tidak pas.

Jenis Skotlet Motor Scoopy

Perlu diketahui, di pasaran Indonesia saat ini sudah tersedia beberapa jenis atau tipe skotlet yang biasa digunakan untuk melapisi body motor. Nah, sebelum membahas biaya skotlet motor Scoopy full body, pahami terlebih dahulu sejumlah jenis-jenisnya di bawah ini.

D-Cfix

D-Cfix yaitu jenis skotlet yang digunakan sebagai lapisan dasar, tetapi juga bisa digunakan sebagai stiker utama.

Glittre

Glittre merupakan jenis stiker memiliki warna yang lebih elegan dan memberikan efek seperti warna cat asli. Sehingga body motor bisa terlihat lebih bagus dan elegan.

Ritrama

Ritrama merupakan jenis skotlet yang paling banyak digunakan karena pilihan warna dan ditawarkan lebih banyak dibandingkan dengan jenis lainnya.

Orocal

Orocal merupakan jenis stiker dengan tingkat elastisitas tinggi sehingga proses pemasangan skotletnya lebih mudah. Keunggulan lainnya dari skotlet ini yaitu tidak cepat berubah warna dan tidak memberikan efek pantulan cahaya.

Biaya Skotlet Motor Scoopy Full Body

Umumnya, biaya skotlet motor Scoopy full body itu bervariasi tergantung jenis skotlet dan beberapa faktor lainnya. Nah, untuk jenis skotlet sendiri itu ada beberapa jenis dengan harga berbeda-beda, berikut kami berikan rincian harga jenis-jenis skotlet.

Jenis SkotletHarga
D-CfixRp 20.000 per meter
GlittreRp 40.000 per meter
RitramaRp 60.000 per meter
OrocalRp 100.000 per meter

Secara umum, biaya skotlet motor Scoopy full body berkisar antara Rp 1.500.000 sampai Rp 2.000.000. Dimana harga tersebut hanya skotletnya saja belum termasuk dengan upah jasa pemasangan. Tarifnya tentu berbeda pada setiap daerah masing-masing.

Biaya untuk upah jasa pemasangan skotlet umumnya berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 200.000. Dapat dikatakan bahwa ongkosnya terbilang cukup mahal karena di tentukan dengan waktu pengerjaan dan keterampilan yang diperlukan.

Sebagai informasi tambahan, biasanya pemasangan skotlet ke body motor menjadi alternatif oleh sebagian besar orang. Pasalnya, saat ini penggantian body Scoopy membutuhkan biaya cukup mahal, terutama ketika ingin menggunakan produk original dari dealer.

Lama Waktu Pengerjaan Skotlet Pada Motor

Hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih jasa pasang skotlet motor adalah waktu pengerjaannya. Pemasangan skotlet motor full body bisa memakan waktu kurang lebih sekitar 2 x 24 jam. Oleh sebab itu, kalian harus bersabar jika ingin melakukan pemasangan skotlet serta memastikan tidak ada masalah selama pemasangan.

Karena waktu pemasangan atau pengerjaan skotlet pada motor membutuhkan waktu cukup lama, pastikan motor sedang tidak digunakan. Sebaiknya datang ke jasa pasang ketika hari libur sehingga ketika hari kerja sudah bisa memakai motornya lagi.

Risiko Penggunaan Skotlet Pada Motor

Penting juga sebelum kalian memasang skotlet pada motor Scoopy, hendaknya mencari tahu risiko memasang skotlet. Adapun salah satu risiko yang harus diperhatikan ketika ingin memasang skotlet pada body Scoopy yaitu bekas lem yang menempel pada skotlet ketika dilepas.

Bekas lem ini sangat sulit bersihkan dan bisa membuat body Scoopy menjadi kusam sehingga bisa menimbulkan kerusakan permanen. Namun, ada cara yang mungkin bisa meminimalkan warna kusam tersebut yakni dengan menggunakan kayu putih dengan cara mengoleskan ke body motor.

Selain itu, terdapat juga beberapa efek samping ataupun risiko lainnya ketika seseorang memasang skotlet pada kendaraan mereka. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik risiko penggunaan skotlet pada motor Scoopy di bawah ini.

  • Merusak cat
  • Body lecet
  • Menghilangkan garansi body motor
  • Nilai harga jual jadi murah

Tips Merawat Skotlet Pada Motor

Setelah mengetahui biaya skotlet motor Scoopy full body, berikut ini kami berikan tips merawat skotlet motor supaya bisa tahan lama dan awet. Buat kalian yang baru pertama kali memasang skotlet di motor, sebaiknya jangan langsung mencuci setelah pemasangan. Tunggu minimal dua hari sebelum mencuci motor supaya daya rekat skotlet kuat.

Selain itu bisa juga mengoleskan kutek transparan di bagian ujung skotlet untuk menghindari pengelupasan. Pasalnya, biasanya pada ujung tersebut rentan mengalami pengelupasan, terutama jika proses pemasangan sudah lama.

Hindari parkir motor terlalu sering di bawah sinar matahari langsung karena hal tersebut bisa merusak daya rekat skotlet. Jadi, bukan hanya cat yang rusak akibat terkena sinar matahari langsung, skotlet juga bisa rusak.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari abikublog mengenai biaya skotlet motor Scoopy full body beserta penjelasan lainnya seperti jenis skotlet hingga tips perawatannya. Semoga artikel di atas bisa menjadi referensi ketika ingin memasang skotlet.

Bagikan: