Biaya Ganti Komstir Scoopy 2024: Bengkel Resmi & Umum

Andri Darmawan

Biaya Ganti Komstir Scoopy – Seperti diketahui, komstir adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan, termasuk pada Honda Scoopy. Dimana komstir berperan dalam kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Jika komponen tersebut mengalami masalah, maka dapat menyebabkan gangguan dalam mengendalikan motor.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu mengganti komstir dengan yang baru di bengkel. Biasanya biaya ganti komstir Scoopy nanti akan di akumulasikan dengan harga komstir baru yang beredar di pasaran Indonesia.

Untungnya, saat ini penggantian komstir Honda Scoopy bisa dilakukan di beberapa tempat, baik itu di bengkel resmi maupun umum. Untuk biaya ganti komstir Scoopy nantinya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tingkat kerusakan dan proses pengerjaannya.

Oleh karena itu, ketika sobat Abikublog ingin mengganti komstir, sebaiknya cari tahu terlebih dulu berapa biayanya. Dalam kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan secara rinci tentang biaya ganti komstir Scoopy beserta gejala dan penyebab masalahnya.

Kapan Ganti Komstir Scoopy?

Hal paling utama menandakan komstir bermasalah sebenarnya sudah dapat di deteksi sejak awal. Kalau motor sering dipakai, cara paling mudah untuk mengenali kerusakan yaitu cukup dengan merasakan apakah ada gejala aneh di setang.

Contohnya, setang terasa berat atau bergetar saat berada di kecepatan tinggi. Sebelum membahas rincian biaya ganti komstir pada Honda Scoopy, ada beberapa ciri yang bisa kalian kenali sebagai tanda komstir bermasalah, antara lain yaitu seperti berikut ini.

  • Setang tidak stabil
  • Setang terasa berat
  • Terdengar suara ‘glutuk’
  • Oblak
  • Setang Bergetar
  • Rem kurang pakem
  • Handling kaku dan berat

Demikianlah beberapa kondisi yang menandakan masalah di komstir, sebagai langkah perbaikan penting untuk mengetahui biaya ganti komstir untuk Honda Scoopy. Dengan demikian, kalian bisa melakukan persiapan sebelum menggantinya.

Penyebab Komstir Scoopy Rusak

Sebelum membahas biaya ganti komstir Honda Scoopy, maka perlu dari kalian ketahui penyebab kerusakannya. Komstir rusak bisa terjadi karena pemakaian motor buruk saat melewati jalan berlubang dan tempat ekstrim sehingga dudukan bola-bola atau pelor jadi gampang aus.

Keausan tersebut terjadi karena perawatannya kurang terutama dari segi pengecekan grease atau gemuk yang terdapat di komstir. Pasalnya, saat komstir kering atau tidak ada gemuk maka setang terasa berat karena pelor aus. Karena pelumasan kurang sehingga setang menjadi berat, untuk menanganinya biasanya harus ganti satu set laher komstir baru.

Selain itu, terdapat juga beberapa hal lainnya yang bisa menyebabkan komstir Scoopy rusak sehingga dibutuhkan adanya penggantian komponen baru. Berikut ini sejumlah penyebab komstir rusak antara lain.

1. Sering Menerjang Lubang

Penyebab utama yaitu kerap menerjang lubang rupanya dapat menghancurkan beragam komponen motor, seperti ban hingga komstir. Apalagi dengan kecepatan tinggi, karena itu ada banyak elemen pada Scoopy tidak tahan lama. Disamping itu, kurangi kecepatan saat melewati jalan bergelombang karena itu bisa menjadi satu diantara faktor pemicunya.

2. Masa Pemakaian

Komstir sendiri juga ada masa batasan pemakaiannya, maka cek secara teratur kondisi dari komstir motor kalian. Kurang lebihnya setiap enam bulan atau paling lama setahun sekali, hal tersebut untuk menjaga performa kendaraan, kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

3. Tidak Menyetel Sesuai Standar

Penyebab terakhir komstir rusak adalah setelannya kurang tepat, komstir yang terlalu kencang atau terlalu kendor malah jadi tidak bagus. Seharusnya kalian menyetel sesuai dengan anjuran pabrik.

Biaya Ganti Komstir Scoopy

Setelah kalian tahu mengenai gejala dan penyebab terjadinya masalah pada komstir, pasti penasaran mengenai biaya ganti komstir pada Honda Scoopy. Seperti sudah dibahas sebelumnya, harga komstir itu tergantung merk dan tipe sparepart atau produknya.

Untuk komstir Scoopy, harganya berkisar antara Rp 110.000 sampai Rp 225.000. Namun perlu diingat, harga tersebut belum termasuk upah jasa mekanik. Nantinya upah jasa ditentukan dengan masing-masing bengkel dan mekaniknya.

Biasanya, pihak bengkel menentukan tarif atau biaya jasa ganti komstir Scoopy mulai dari Rp 80.000 sampai Rp 125.000. Sama halnya seperti jasa penggantian lampu depan Scoopy, besaran upah jasa tersebut nantinya ditentukan dari tingkat kesulitan selama pengerjaannya.

Secara umum proses ganti komstir sendiri cukup menyita waktu karena perlu membongkar banyaknya komponen. Maka dari itu kalian wajib mempersiapkan dana lebih guna berjaga-jaga apabila terjadi kerusakan lain di Scoopy.

Efek Komstir Scoopy Rusak

Komstir merupakan suku cadang pada motor yang jarang sekali diganti, komponen tersebut memang mempunyai masa pemakaian yang cukup panjang. Tetapi komstir memiliki peranan penting dalam pengendalian motor, lalu apa efeknya jika dibiarkan rusak?

Efeknya bisa membuat motor menjadi tidak nyaman saat dikendalikan, jika kalian tetap membiarkan komstir ini rusak maka akan terdapat kerusakan pada komponen lainnya. Efeknya biasanya di suspensi kurang nyaman dan menjadi kaku, seperti kaku saat mengerem, pasti terasa ada jeda di setang.

Kerusakan komponen lain yang di akibatkan kerusakan dari komstir adalah as segitiga bengkok. Hal tersebut terjadi karena kerja suspensi tidak maksimal, selain as segitiga kerusakan komstir juga dapat mempengaruhi pengereman hingga pelek kendaraan.

Tips Merawat Komstir Agar Awet

Diatas sudah di jelaskan tentang ciri-ciri, penyebab dan rincian biaya ganti komstir untuk Honda Scoopy. Sebagai informasi tambahan, terdapat beberapa hal penting untuk kalian yang perlu diperhatikan dalam merawat kendaraan. Terutama untuk menjaga komstir agar awet, lebih jelasnya berikut beberapa tips merawat komstir supaya tetap awet dan tahan lama.

  • Hindari mengendarai motor dengan kecepatan tinggi saat melewati jalanan tidak rusak
  • Kurangi kecepatan saat melintasi polisi tidur
  • Melakukan pemeriksaan rutin pada bagian komstir
  • Berikan pelumas secara rutin di bagian komstir
  • Cek bagian komstir bila kendaraan mencapai 4000 km

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari www.abikublog.com mengenai rincian biaya ganti komstir Scoopy lengkap dengan gejala dan penyebab masalah serta tips merawatnya. Semoga artikel diatas bisa menjadi referensi ketika mengalami hal serupa.

Bagikan: