Biaya Ganti Aki Motor Scoopy Semua Merk & Tipe 2024

Andri Darmawan

Biaya Ganti Aki Motor Scoopy – Seperti diketahui, kendaraan roda dua seperti Honda Scoopy membutuhkan aki sebagai penyedia listrik sehingga lampu, klakson, sein dan starter dapat menyala. Seiring berjalannya waktu, aki bisa saja mengalami masalah atau kerusakan.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengganti aki dengan yang baru di bengkel. Biasanya biaya ganti aki untuk motor Scoopy akan di akumulasikan dengan harga aki baru.

Umumnya, biaya ganti aki motor Scoopy itu ditentukan dari jenis merek serta tipe produknya. Selain itu, nantinya pihak bengkel juga menentukan ketentuan terkait ongkos jasa layanan pada masing-masing bengkel.

Oleh karena itu, ketika sobat Abikublog ingin mengganti aki, perlu ketahui serta pahami dulu rincian biayanya. Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas besaran biaya ganti aki motor Scoopy beserta beberapa penyebab kerusakannya.

Penyebab Aki Rusak

Motor injeksi seperti motor Scoopy kelistrikannya sangat bergantung pada kondisi dan kinerja aki. Aki soak atau rusak, pastinya menjadi hal yang dihindari bagi pengendara roda dua. Jika aki rusak, maka pengguna harus menggunakan kick starter untuk menghidupkan motor.

Selain itu, aki soak bisa juga membuat mesin bermasalah, seperti contoh pada klakson tidak bunyi atau beberapa komponen di speedometer tidak berfungsi normal. Bila hal tersebut diabaikan atau dipaksa terus untuk berkendara, maka sistem kelistrikan motor dapat bermasalah.

Oleh karena itu, sebelum membahas biaya ganti aki motor Scoopy, maka ketahui dulu beberapa penyebab aki bisa soak atau rusak.

1. Beban Listrik Motor Terlalu Besar

Salah satu contoh yaitu menambahkan aksesoris di luar spesifikasi ke motor, karena dapat terkena dampak langsung terhadap kelistrikan dan membuat elemen di aki rusak. Oleh karena itu, jika kalian sudah melakukan modifikasi motor, sebaiknya meningkatkan kapasitas daya aki.

2. Umur Pemakaian Aki

Umur aki juga dapat menjadi penyebab kenapa aki penting dalam motor bisa mengalami kerusakan. Hal tersebut terjadi karena umumnya aki hanya mempunyai umur 3 atau 4 tahun saja, lebih dari waktu tersebut akan mengakibatkan penurunan fungsi secara drastis.

3. Kiprok Bermasalah

Aki rusak dapat juga bersumber dari kiprok, karena komponen tersebut untuk menyesuaikan besar kecilnya tegangan mengalir ke aki. Aki harus mendapatkan daya listrik yang tepat dan tidak boleh terlalu besar atau kecil. Jika arus terlalu besar maka akan membuat aki jadi menggelembung, sedangkan kalau arusnya kecil akan membuat aki jadi kekurangan setrum.

4. Kerusakan Spul

Selain kiprok, spul juga berfungsi untuk menghasilkan listrik melalui pergerakan magnet. Kiprok bisa saja masih dalam kondisi normal, tetapi jika spul rusak maka aliran aki tetap bermasalah.

Jenis Aki Motor

Ketika ingin mencari tahu besaran biaya ganti aki motor Scoopy, maka tentunya kalian juga harus memahami jenis-jenisnya. Di pasaran sendiri, saat ini aki dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Dari sekian jenis aki, yang paling banyak di jumpai adalah aki basah serta aki kering.

Setiap jenis tersebut memiliki kekurangan hingga kelebihannya masing-masing. Oleh sebab itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih dan menggunakannya, di bawah ini akan dijelaskan terkait kelebihan beserta kekurangan aki motor untuk masing-masing jenisnya.

1. Aki Kering

Tipe aki kering ini termasuk yang paling banyak digunakan karena tidak perlu repot mengecek kondisi air akinya. Karena aki kering menggunakan segel khusus yang diklaim bisa menahan proses penguapan dari larutan elektrolit di aki. Namun, kekurangan aki kering ini usia pakainya relatif lebih singkat dan harganya lebih mahal.

2. Aki Basah

Aki basah juga menjadi pilihan banyak orang karena memiliki kelebihan dari sisi harga yang lebih murah dan dapat digunakan lebih dari sekali. Aki basah sendiri mudah ditemukan di berbagai bengkel suku cadang motor. Namun, kekurangannya adalah kandungan elektrolitnya mudah menguap sehingga pengecekan ketinggian air aki itu harus secara rutin.

Kekurangan lain aki basah yaitu menggunakan elektrolit jenis H2SO4 yang sifatnya keras. Jika terjadi kebocoran bisa mengakibatkan kerusakan di bagian tubuh aki akibat terkena tumpahan tersebut.

Biaya Ganti Aki Motor Scoopy

Aki merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kendaraan salah satunya seperti motor Scoopy. Aki yang biasa digunakan di Motor Scoopy biasanya mempunyai tegangan sebesar 12 volt dengan kapasitas bervariasi.

Untungnya, saat ini penggantian aki motor Scoopy bisa dilakukan di beberapa tempat. Baik di bengkel umum ataupun resmi. Untuk biaya ganti aki motor Scoopy nantinya di tentukan dengan merk. Berikut daftar rincian harga aki dari berbagai merk.

Merk AkiHarga
GS Astra GTZ-5SRp 125.000
GS Astra GM5Z-3BRp 150.000
GS Astra NTZ4VRp 238.000
GS Astra GTZ6VRp 302.000
Yuasa 6N11-2DRp 150.000
Yuasa YTZ4 -V MFRp 280.000
Yuasa YTX5l-BSRp 300.000
Yuasa YB4L-BRp 335.000
Yuasa YTZ5-S MFRp 370.000
Yuasa YTZ6-vRp 470.000
Motobatt Gel MTZ5S 4.2 AhRp 192.000
Motobatt Gel MTZ6SRp 256.000
Motobatt Quadflex MB5URp 275.000
Motobatt Gel MTZ7VRp 308.000
Motobatt Qaudflex MBTZ7SRp 400.000
Motobatt Pro Lithium MPLTZ7S-HP-CCARp 900.000

Perlu di ketahui biaya ganti aki untuk motor Scoopy di atas hanya harga produknya saja, belum termasuk upah jasa mekanik. Untuk upah jasa nantinya ditentukan dengan masing-masing bengkel dan mekanik.

Biasanya, pihak bengkel menentukan tarif jasa penggantian aki mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 30.000, dimana ongkos tersebut nanti dilihat dari layanannya. Maka sebaiknya kalian mempersiapkan dana lebih guna berjaga-jaga apabila terdapat kerusakan lain di motor Scoopy.

Efek Aki Rusak

Setelah mengetahui besaran biaya ganti aki motor Scoopy, kalian juga perlu mengetahui efek jika kendaraan kalian mengalami kerusakan aki. Karena aki berperan penting, memang dianjurkan buat kalian selalu mengecek aki, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Walaupun kelistrikan pada motor dapat di suplai dengan spu, namun motor bisa menimbulkan efek permasalahan lain. Daripada penasaran, di bawah ini merupakan beberapa efek motor jika aki motor rusak atau soak.

  • Starter tidak berfungsi
  • Lampu sein tidak bisa berkedip
  • Lampu utama redup saat RPM rendah
  • Perangkat listrik lainnya rusak
  • Suara klakson melemah
  • Speedometer tidak berfungsi normal

Tips Merawat Aki

Setelah membahas penyebab aki soak atau rusak diatas, sebaiknya kalian juga memperhatikan penggunaan motor setiap harinya. Karena sebagian besar kerusakan sering terjadi karena kesalahan penggunaannya.

Kurang memperhatikan kondisi mesin sebelum berkendara dan kurang rutin servis menjadi masalah utama. Berikut beberapa cara supaya aki motor Scoopy kalian awet, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Bersihkan kerak yang menempel pada aki
  • Cek ketinggian cairan elektrolit (aki basah) secara berkala
  • Rutin memanaskan motor
  • Hindari memaksakan starter listrik
  • Sesuaikan kapasitas aki dengan penggunaan aksesoris
  • Cek kiprok aki
  • Hindari kebocoran aki

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari www.abikublog.com mengenai biaya ganti aki motor Scoopy beserta penyebab hingga jenis dan tips merawatnya. Semoga artikel di atas dapat menjadi referensi ketika kalian mengalami hal serupa.

Bagikan: