Biaya Ganti Body Motor Scoopy Fullset Original & Imitasi 2024

Andri Darmawan

Biaya Ganti Body Motor Scoopy – Seperti diketahui, salah satu alasan Honda Scoopy banyak diminati konsumen hingga sekarang, karena tampilannya mengandalkan tema retro dan modern. Honda Scoopy bisa dibilang memiliki ciri khas tersendiri diantara model motor matic yang beredar di Indonesia.

Komponen body motor memang memiliki peran utama dalam segi penampilan dan warna untuk membedakan motor kalian dengan kendaraan lainnya. Akan tetapi, jika body mengalami kerusakan seperti, patah dan cat kusam, maka tentunya akan ada biaya ganti body untuk motor Scoopy.

Tetapi jangan khawatir, karena sekarang untuk mengganti body motor mudah untuk kalian temukan di berbagai wilayah dan bengkel suku cadang. Namun besaran biaya ganti body motor Scoopy juga nantinya bisa berbeda-beda tergantung pada jenis, merk original maupun KW atau imitasi.

Oleh karena itu, ketika sobat Abikublog ingin mengganti body motor, sebaiknya cari terlebih dulu berapa biayanya. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai biaya ganti body motor Scoopy semua tipe ataupun model beserta tips perawatannya.

Sekilas Body Motor Scoopy

Sebelum membahas tentang biaya ganti body motor Scoopy, sebaiknya pahami sedikit penjelasan tentang kendaraan matic ini. Tampilan eksterior atau sering dikenal dengan body, seperti pada Honda Scoopy sendiri memiliki siluet S sehingga terkesan tegas pada bagian samping depan dan belakang.

Motor Scoopy mempunyai ciri khas yang masih dipertahankan di bagian depan. Namun di bagian headlampnya mendapat sedikit perubahan dimana bentuknya cenderung oval serta dilengkapi teknologi LED seperti halnya motor keluaran terbaru.

Karena menggunakan teknologi tersebut, lampu motor ini dapat memberikan pencahayaan terang saat di kendarai malam hari. Di bagian samping, terlihat menggunakan pelek dengan ukuran 12 inci sehingga membuat Honda Scoopy terkesan membulat.

Pada bagian dek, didesain tampilan rata supaya memberikan kemudahan bagi setiap pengguna agar bisa membawa barang di motornya lebih fleksibel. Pada bagian belakang, terdapat stoplamp yang sudah mengusung desain membulat sebagai penanda sein di sampingnya.

Tujuan Ganti Body Motor Scoopy

Jika pada body motor Scoopy kalian mengalami kerusakan seperti lecet karena terserempet hingga body pecah. Pilihan yang tepat untuk segera dilakukan yaitu memperbaiki atau melakukan ganti body secara total pada bagian body yang rusak.

Nah, jika mengalami hal tersebut, maka lebih baik mengganti dengan body baru. Karena sebagian besar body motor terbuat dari bahan plastik, tentunya ada tujuan sendiri mengapa penggantian body lebih disarankan oleh pengguna Scoopy.

Memang benar bahwa ganti body adalah pilihan yang mudah, karena kalian cukup pesan di bengkel resmi. Selain itu, estimasi total biaya ganti body motor Scoopy lebih murah daripada memperbaiki kembali untuk di cat ulang. Body motor baru yang dibeli dari bengkel resmi kondisinya sudah dilapisi cat sehingga cukup bongkar pasang body dan tampilan kembali seperti baru.

Biaya Ganti Body Motor Scoopy

Body motor merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai pelindung atau penutup rangka dan kelistrikan dari kotoran ataupun air. Nah, untuk biaya ganti body motor Scoopy nantinya juga berbeda-beda, tergantung pada jenisnya, seperti body original dan body imitasi.

Perlu diketahui juga bahwa harga body motor Scoopy itu bisa berbeda-beda di berbagai macam daerah. Daripada penasaran, berikut kami berikan rincian harga body motor Scoopy fullset depan belakang.

Cover Body ScoopyHarga
Stripping body setRp 80.000
Cover body setRp 260.000
Cover body depan setRp 375.000
Cover Body samping setRp 580.000
Cover board shieldRp 60.000
Cover board depanRp 93.000
Cover board belakangRp 97.500
Cover board atasRp 70.000
Cover Board bawahRp 45.000
Spakbor depanRp 75.500
Spakbor belakangRp 50.000

Seperti saat ingin ganti lampu belakang, rincian biaya diatas merupakan estimasi ganti body original pada motor Scoopy. Nah, untuk harga body KW atau imitasi biasanya bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan original. Perlu di ketahui juga harga tersebut juga belum termasuk upah jasa mekaniknya.

Biasanya upah jasa juga di tentukan dari tingkat kesulitan, seperti pembongkaran dan pemasangan. Umumnya ongkos jasa tersebut berkisar antara Rp 70.000 sampai Rp 100.000. Maka dari itu, akan lebih baik untuk mempersiapkan dana lebih guna terjadi hal-hal kerusakan komponen lainnya.

Tips Merawat Body Motor Scoopy

Setelah mengetahui biaya ganti body Honda Scoopy, penting juga bagi kalian untuk membersihkan serta menjaga kebersihan motor. Hindari membiarkan kotoran mengeras atau menumpuk, karena bisa merusak lapisan cat dan mengurangi tampilan keseluruhan. Nah, berikut kami berikan beberapa tips untuk merawat supaya body motor selalu mengkilap dan bersih.

1. Rutin Membersihkan Motor

Langkah utama dalam menjaga motor supaya body tetap dalam kondisi mulus adalah dengan cara membersihkan secara rutin. Gunakan air bersih, sabun yang lembut, dan spons untuk membersihkan permukaan pada body. Lalu pastikan membersihkan setiap bagian, termasuk bagian yang sulit di jangkau, seperti celah dan lipatan body motor Scoopy serta hindari menggunakan sikat kasar atau bahan kimia keras yang bisa merusak lapisan cat.

2. Hindari Sinar Matahari Langsung

Hindari parkir motor kalian di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama, jika memungkinkan gunakan penutup motor atau carport untuk melindungi dari sinar matahari. Jika terkena sinar matahari, segera bersihkan dengan kain halus atau lembut guna menghilangkan noda atau bekas sisa air.

3. Hindari Benturan & Goresan

Berhati-hatilah saat parkir motor atau mengendarai motor untuk menghindari benturan atau goresan di body motor. Jika terjadi ada goresan kecil, segera bersihkan dan gunakan sentuhan cat atau penutup goresan dengan sesuai supaya menghindari kerusakan lebih parah.

4. Lindungi Motor dari Kelembapan & Hujan

Kelembapan dan hujan bisa merusak lapisan cat motor jika tidak ditangani dengan baik, jika parkir di luar ruangan gunakan penutup motor yang tahan air untuk melindungi dari air hujan. Pastikan mengeringkan dengan kain halus atau lembut setelah terkena air hujan, jika motor terkena air selama dalam perjalanan, segera keringkan setelah sampai tujuan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari abikublog.com mengenai biaya ganti body motor Scoopy beserta tips perawatannya. Semoga artikel di atas bisa menjadi referensi ketika body motor mengalami kerusakan.

Bagikan: