Biaya Ganti Lampu Belakang Scoopy 2024: Original, LED & Variasi

Andri Darmawan

Biaya Ganti Lampu Belakang Scoopy – Seperti sudah diketahui, lampu belakang motor berfungsi sebagai pemberi sinyal kepada pengendara lain di belakangnya. Lampu yang terletak pada bagian belakang motor ini diwajibkan berwarna merah karena sebagai tanda peringatan.

Ketika terjadi lampu belakang mati itu cukup berbahaya, jika terjadi demikian maka kalian akan membutuhkan biaya untuk ganti lampu belakang Honda Scoopy. Namun, sebagian dari kalian terkadang meremehkan kerusakannya.

Pada umumnya, biaya ganti lampu belakang Scoopy itu ditentukan dari jenis merek maupun tipe produknya. Selain itu, nantinya pihak bengkel juga memiliki ketentuan terkait upah jasa pelayanan masing-masing, entah itu di bengkel umum ataupun resmi.

Maka dari itu, ketika sobat Abikublog ingin memperbaiki lampu belakang, perlu di ketahui dulu rincian besaran biayanya. Di bawah ini kami akan memberi penjelasan terkait biaya ganti lampu belakang Scoopy dilengkapi beberapa penyebab kerusakannya.

Ciri Lampu Belakang Rusak

Ciri lampu belakang Scoopy rusak biasanya ditandai dengan lampu menjadi redup. Hal tersebut terjadi karena jarang dirawat ataupun dari segi usia pemakaiannya. Dimana lamanya penggunaan juga bisa membuat lampu jadi tidak terang. Sehingga cahaya yang dihasilkan lampu kurang stabil dan menjadi terang redup secara bergantian.

Selain itu, terdapat juga beberapa ciri saat lampu belakang Honda Scoopy mengalami kerusakan yaitu ketika sering berkedip. Dimana lampu berkedip itu tandanya emiter atau driver lampu tidak mengirimkan listrik secara stabil. Pasalnya, lampu pada bagian belakang harus membutuhkan arus listrik stabil agar berfungsi normal.

Penyebab Lampu Belakang Scoopy mati

Ada beberapa penyebab lampu belakang Scoopy mengalami kerusakan. Mungkin masalah yang seringkali dialami oleh pemilik motor matic tersebut yaitu karena terdapat rusak di slah satu komponen. Jika kalian mengalami hal serupa di motor, maka lebih baik simak dulu penjelasan di bawah ini sebelum lanjut membahas tentang biaya ganti lampu belakang Scoopy.

1. Switch Rusak

Penyebab umum terjadi saat lampu belakang mati yaitu karena terjadi switch kendor. Jika kendor maka lampu belakang tidak akan terhubung, dengan terjadinya hal tersebut kalian bisa mengencangkan switch sama seperti mengatur jarak rem pada tromol supaya saat ditekan atau di injak lampu akan terhubung.

2. Lampu Mati

Kemudian penyebab lainnya yaitu karena rusaknya komponen, seperti bohlam lampu mencapai usia pakai sehingga tidak mengeluarkan cahaya lagi. Jika demikian, maka salah satu solusi mengatasinya yaitu ganti lampu belakang Honda Scoopy.

3. Kabel Kelistrikan

Jika bohlam masih bagus dan switch masih berfungsi tetapi lampu tidak dapat menyala, maka bisa dipastikan ada masalah di bagian kelistrikan. Biasanya hal ini bisa saja terjadi akibat gigitan hewan pengeret atau akibat bergesekan dengan komponen lainnya.

4. Kiprok Rusak

Kiprok merupakan salah satu komponen sistem kelistrikan penting pada kendaraan. Fungsinya ada dua, yaitu mengatur kelistrikan dan mengubah arus, kiprok tersebut menyuplai arus kelistrikan menuju aki. Apabila ada masalah maka arus listrik yang di salurkan ke lampu belakang menjadi tidak stabil, akibatnya lampu belakang bisa cepat mati. Padahal permasalahannya adalah pada kiprok.

Biaya Ganti Lampu Belakang Scoopy

Di bagian belakang Honda Scoopy terdapat beragam macam lampu yang memiliki masing-masing fungsi. Diantaranya yaitu lampu senja, rem dan juga lampu sein. Jika mengalami kerusakan, maka tentunya dibutuhkan adanya penggantian komponen.

Untungnya, saat ini penggantian lampu belakang motor Scoopy bisa dilakukan di berbagai macam tempat, entah itu di bengkel resmi maupun umum. Biasanya biaya ganti lampu belakang Scoopy ditentukan dari berbagai macam faktor.

Sama halnya seperti penggantian lampu depan Scoopy, ongkos ganti lampu belakang akan bergantung pada merk dan tipe. Untuk saat ini pihak bengkel biasanya menentukan biaya ganti lampu belakang Scoopy di kisaran Rp 15.000 sampai Rp 30.000. Namun perlu diingat bahwa biaya tersebut hanya untuk pembelian lampunya saja, belum termasuk dengan ongkos jasanya.

Untuk upah jasanya nanti juga ditentukan dengan masing-masing bengkel dan mekanik, kisaran umumnya yaitu Rp 10.000 sampai Rp 20.000. Pada intinya, besaran ongkos jasa tersebut nantinya akan ditentukan dari tingkat kesulitannya.

Perlu di ketahui untuk harga diatas, itu hanya harga lampu belakang motor Scoopy saja dan belum termasuk dengan mika dan kaca. Selain itu harga sparepart lampu belakang Scoopy original, mitasi ataupun variasi pastinya memiliki selisih perbedaan.

Cara Merawat Lampu Belakang Scoopy

Setelah mengetahui besaran biaya ganti lampu belakang Scoopy, selanjutnya ketahui juga cara merawatnya. Meskipun untuk cara merawatnya mudah, namun jika kalian merawat dengan cara salah maka lampu belakang bisa rusak atau putus.

Jika sudah mengalami kerusakan maka kalian harus menggantinya secara keseluruhan. Berikut ada beberapa cara merawat lampu belakang untuk motor Scoopy supaya awet dan terhindar dari kerusakan.

  • Lakukan pengecekan secara berkala pada bagian lampu belakang. Pastikan arus kelistrikan berjalan normal serta hindari lampu terlalu panas, karena lampu belakang itu mempunyai sifat kurang tahan panas. Jadi selalu pastikan suhu stabil sehingga lampu bisa jadi lebih awet.
  • Cara merawat lampu belakang yang utama adalah memastikan bahawa letak titik lampu aman. Letakkan lampu belakang pada batok atau mika lampu dengan tepat, pastikan ukurannya sudah sesuai sehingga aman ketika digunakan.
  • Membersihkan penampang lampu, penampang yang kotor dapat mengakibatkan masalah pada lampu dan menimbulkan kerusakan.
  • Jangan membongkar sendiri dan hindari mengutak-atik kelistrikan secara sembarangan. Hindari juga menambahkan saklar yang mengakibatkan arus masuk secara berlebihan, sehingga bisa mengakibatkan lampu belakang cepat putus.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari www.abikublog.com mengeani biaya ganti lampu belakang Scoopy beserta ciri, penyebab hingga cara merawatnya. Semoga artikel diatas bisa menjadi referensi ketika mengalami hal serupa pada motor Honda Scoopy semua seri.

Bagikan: