Biaya Skotlet Motor Vario Full Body Semua Merk 2024

Andri Darmawan

Biaya Skotlet Motor Vario Full Body – Salah satu cara untuk merubah penampilan kendaraan adalah memasang skotlet di body motor. Tidak sedikit bagi pengguna kendaraan di Indonesia, masih menggunakan media tersebut untuk memberikan kesan berbeda pada motornya.

Selain bisa melindungi cat original pabrik dari baret ataupun goresan, ada juga yang pemasangannya untuk merubah warna. Namun, masih banyak orang di luar sana masih mempertanyakan terkait biaya skotlet motor Vario full body.

Biaya skotlet motor Vario full body nantinya akan berbeda-beda pada setiap daerah. Selain itu, setiap bengkel variasi juga mempunyai tarif masing-masing sesuai waktu pengerjaan serta keterampilan yang diperlukan.

Oleh karena itu, ketika sobat Abikublog ingin memasang skotlet, ketahui terlebih dahulu rincian biayanya. Dibawah ini kami akan memberikan penjelasan besaran biaya skotlet motor Vario full body beserta jenis-jenisnya.

Manfaat Skotlet Motor

Skotlet merupakan jenis stiker atau vinyl wrap yang digunakan supaya bisa mengubah tampilan sepeda motor sesuai dengan kebutuhan serta keinginan pemiliknya. Karena menggunakan bahan dasar vinyl, skotlet tersebut cukup fleksibel.

Pemakaian skotlet pada motor seperti Honda Vario memang menawarkan beberapa manfaat ataupun keunggulan. Oleh karena itu, sebelum membahas biaya skotlet Vario full body lebih lanjut, berikut pembahasan mengenai sejumlah manfaatnya.

1. Melindungi Cat Asli

Selain membuat tampilan lebih cantik, pemakaian skotlet juga dapat melindungi cat asli dari kerusakan maupun goresan akibat benturan. Karena vinyl pada skotlet itu tebal untuk melindungi gesekan.

2. Menutup Goresan Cat

Jika cat motor pernah tergores, skotlet menjadi solusi praktis untuk menutup bekas goresan tersebut. Dari harganya tentu lebih murah dibandingkan mengecat ulang body motor di bengkel.

3. Hemat Biaya

Mengganti cat pada body motor itu relatif mahal, itulah sebabnya pemakaian skotlet menjadi alternatif sebagai pilihan tepat bagi pemilik motor. Karena dengan dipasangnya skotlet bisa jadi memberikan sentuhan baru pada warna dan biaya skotlet skotlet motor Vario full body nantinya lebih murah.

Jenis Skotlet Motor

Perlu diketahui, kalian nanti bisa memilih skotlet berkualitas yang mempunyai daya tahan kuat. Ada beberapa jenis serta merk skotlet untuk bisa di pasangkan ke motor Vario full body, berikut jenis dan merknya.

1. 3M Scotchal

Skotlet 3M Scotchal terkenal dengan kualitas tinggi hingga tahan lama serta memiliki ketahanan terhadap sinar UV, air dan goresan sehingga warnanya tidak mudah pudar.

2. Oracal

Merk Oracal juga dikenal dengan kualitasnya tinggi serta tahan lama. Skotlet ini memiliki beberapa macam atau jenis, sehingga mudah bagi pengendara memilih warna dan desain skotlet yang dengan selera.

3. Avery Dennison

Skotlet Avery Dennison juga sama dengan jenis skotlet lainnya. Avery Dennison memiliki daya rekat kuat sehingga tidak mudah rusak ataupun terkelupas.

4. Hexis

Skotlet Hexis juga memiliki berbagai macam jenis dan warna, serta memiliki daya rekat yang kuat dan kualitasnya baik.

Biaya Skotlet Motor Vario Full Body

Nantinya untuk biaya skotlet motor Vario full body juga akan berbeda-beda tergantung dari beberapa hal, seperti jenis dan merknya. Selain itu, terdapat beberapa faktor lainnya juga bisa mempengaruhi ongkos jasanya, yaitu dari pemilihan bengkel atau tempat pemasangan skotlet.

Umumnya harga pasang skotlet untuk motor Vario full body di bengkel biasanya berkisar antara Rp 600.000 sampai Rp 1.200.000. Akan tetapi, perlu diingat bahwa besaran harga tersebut nantinya belum termasuk upah jasa pemasangan oleh pihak bengkel terkait.

Untuk upah jasa pemasangan sendiri berkisar antara Rp 150.000 sampai Rp 250.000. Meskipun biayanya lebih mahal, hasil bagus akan lebih baik daripada biaya murah tetapi hasilnya tidak memuaskan. Faktor lain juga bisa menjadi penyebab kenapa upah jasanya mahal, karena dalam pemasangan dan keterampilan menjadi kebutuhan paling utama.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk pemasangan skotlet moto full body lebih baik kalian mempersiapkan dana lebih dan melakukan negosiasi terlebih dulu kepada pihak bengkel pemasangan skotlet.

Risiko Motor di Skotlet

Selanjutnya pahami dulu risiko dan efek yang bisa menimbulkan masalah atau kerusakan di body motor kalian ketika ingin memasang skotlet pada motor Vario. Padahal sebenarnya sisi lain dari pemasangan skotlet terhadap sebuah kendaraan tetap mempunyai efek sampingnya.

Sebagai wawasan buat kalian, berikut akan kami berikan beberapa efek samping ataupun risiko memasang skotlet pada motor.

  • Merusak cat
  • Menimbulkan sisa lem lengket
  • Berisiko menyebabkan body lecet
  • Menghilangkan garansi body motor
  • Harga jual rendah

Tips Merawat Skotlet Motor

Setelah mengetahui rincian biaya skotlet motor Vario full body perlu juga ketahui perawatannya. Selain lebih mudah dan murah, pemasangan skotlet juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu corak dan desain warnanya dapat dikreasikan sendiri sesuai keinginan.

Meski demikian, kalian perlu memperhatikan setelah memasang skotlet pada body motor, walaupun perekat dan warna skotlet diklaim bisa bertahan hingga beberapa tahun. Tetap saja setelah pemasangan juga perlu adanya perawatan.

Pertama, setelah skotlet terpasang hal pertama perlu diketahui yaitu jangan sampai mencuci motor dahulu selama dua hari, terlebih lagi menggunakan sistem steam. Karena skotlet motor belum benar-benar merekat. Maka lebih baik hindari dari air dan cuci sehingga nantinya skotlet bisa aman dan tidak terkelupas.

Kedua, parkir ditempat teduh langkah tepat ini supaya merawat skotlet yang baru terpasang adalah memilih tempat parkir. Serta hindari motor dari air hujan dan efek sinar matahari langsung, karena mempunyai efek langsung terhadap skotlet yang baru di pasang.

Terakhir, yaitu berhati-hatilah saat memoles body motor. Terkadang pemilik motor sering memastikan supaya body motornya tetap kinclong. Bahwasanya tetap harus menunggu minimal dua hari setelah pemasangan skotlet pada body motor agar bisa memastikan melekat erat di body.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari abiku.com mengenai rincian biaya skotlet motor Vario full body beserta pembahasan lainnya seperti jenis hingga tips perawatannya. Semoga artikel di atas bisa menjadi referensi ketika ingin memasang skotlet pada body motor.

Bagikan: