Biaya Turun Mesin Motor 2024: Matic, Bebek & Sport

Andri Darmawan

Biaya Turun Mesin Motor – Sebagaimana diketahui, di kalangan teknisi turun mesin sering disebut dengan istilah overhaul. Dimana keadaan tersebut dapat diartikan sebagai sebuah keadaan mesin motor yang harus diturunkan atau dilepas dari sasis untuk dilakukan perbaikan.

Jika kondisi kerusakan mesin motor sudah cukup parah, maka tentunya dibutuhkan adanya penggantian komponen dengan yang baru. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mempersiapkan biaya turun mesin motor sebelum mengunjungi bengkel.

Akan tetapi, biaya turun mesin motor jelas lebih mahal dibandingkan dengan servis ringan. Namun, kendati demikian mau tidak mau biaya tersebut harus dikeluarkan jika ingin performa atau kinerja sepeda motor kembali normal.

Maka dari itu, ketika sobat Abikublog ingin memperbaiki mesin motor, perlu pahami dulu rincian besaran biayanya. Pada kesempatan ini kami akan membahas rincian besaran biaya untuk turun mesin motor dilengkapi beberapa penyebab kerusakannya.

Penyebab Turun Mesin Motor

Sebuah kendaraan roda dua atau motor memiliki berbagai komponen yang terpasang menjadi satu kesatuan, untuk dapat berfungsi supaya motor bisa berjalan dengan baik. Karena banyaknya komponen terpasang, semuanya diperlukan untuk berfungsi.

Dari berbagi parts ini terdapat banyak di antaranya yang terletak di dalam mesin dan harus dilakukan pembongkaran. Guna memperbaiki parts maka tindakan turun mesin harus dilakukan. Sebelum membahas biaya turun mesin motor ketahui dulu dari beberapa faktor penyebab yang bisa menimbulkan motor kalian harus turun mesin.

Faktor Usia

Semakin tua usia pada motor, maka semakin menurun performa dan kualitas mesin. Jika tidak dibarengi dengan perawatan yang kurang, mesin lama-lama akan semakin banyak mengalami masalah.

Tidak Melakukan Perawatan Rutin

Motor sering dipakai maka performa mesin motor juga semakin turun. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk melakukan service rutin setidaknya dua bulan sekali. Pemeriksaan rutin bisa melihat ada tidaknya muncul gejala pada mesin, saat gejala tersebut ditemukan di awal, maka segera bisa diatasi. Sehingga tidak perlu melakukan turun mesin.

Telat Ganti Oli

Tidak sedikit bagi pemilik motor lupa untuk mengganti oli sehingga bisa sampai kering atau kehabisan. Hal tersebut baru disadari ketika motor sudah mulai bermasalah seperti, suara mesin kasar dan cepat panas.

Kerusakan Parah

kerusakan parah bisa disebabkan karena hal-hal tidak terduga seperti kebanjiran ataupun kecelakaan. Saat mengalami hal tersebut, siap-siap saja harus turun mesin dan mengeluarkan biaya cukup banyak.

Efek Turun Mesin Motor

Biasanya motor yang hampir turun mesin juga akan sulit dinyalakan. Hal ini disebabkan karena oli rembes ke ruang pembakaran dan bisa membasahi busi yang menimbulkan kerak pada busi. Rembesan oli akan menimbulkan mesin motor susah menyala karena proses pengapiannya tidak lagi bekerja maksimal.

Biaya Turun Mesin Motor

Nah, untuk biaya turun mesin baik di bengkel umum ataupun di bengkel resmi itu berkisar dari Rp 600.000 sampai jutaan, nantinya tarif tersebut dilihat lagi pada kondisi mesin. Jika tidak ditemukan banyak kerusakan bisa saja ongkosnya lebih murah.

Begitu pun sebaliknya, semakin besar kerusakan maka biayanya juga akan jauh lebih mahal. Seperti saat ingin memperbaiki oli mesin motor rembes, terdapat beberapa faktor yang bisa membuat tarif turun mesin baik pada motor matic atau bebek menjadi mahal.

Motor dengan cc 125 dan cc 250 pasti menggunakan komponen mesin dan parts yang berbeda-beda. Maka tarif yang dipatok untuk turun mesin juga berbeda, semakin besar kapasitas motor juga semakin besar biayanya.

Untuk contoh besaran motor matic dengan kapasitas cc 150, membutuhkan biaya berkisar antara Rp 300.000 tarif tersebut hanya jasa turun mesin saja. Belum termasuk parts-parts yang perlu diganti, maka bisa membutuhkan biaya lebih besar.

Faktor Pengaruh Biaya Turun Mesin Motor

Seperti sudah disinggung sebelumnya, besaran tarif jasa perbaikan motor turun mesin ditentukan berdasarkan tipe atau jenis kendaraannya. Akan tetapi, masih ada beberapa faktor lainnya yang nantinya bisa mempengaruhi biaya turun mesin, diantaranya yaitu seperti dibawah ini.

Banyaknya Parts yang Diganti

Kerusakan ringan dan tidak perlu penggantian parts, pasti tidak terlalu memakan biaya. Berbeda dengan turun mesin yang mengharuskan penggantian parts, semakin banyak parts mesin rusak dan harus diganti. Maka bisa semakin tinggi biaya yang dikeluarkan.

Spesifikasi Spareparts

Saat mengganti parts mesin rusak, biasanya kalian akan diberikan beberapa pilihan. Mulai dari parts original dan parts tidak original dengan kualitas sama seperti pabrikan. Semakin bagus kualitas parts yang dipilih pastinya akan semakin mahal, jangan segan untuk bertanya dan konsultasi ke montir yang terpercaya dalam pemilihan parts.

Lokasi

Tidak bisa dipungkiri, tempat kalian turun mesin juga bisa menentukan seberapa jumlah biayanya. Tarif turun mesin motor di bengkel resmi bisa lebih mahal daripada bengkel umum.

Jadi buat kalian sebelum memilih bengkel yang akan dijadikan tempat turun mesin, harus banyak berkonsultasi. Supaya bisa menemukan bengkel terbaik agar sesuai dengan Dana service kalian.

Prosedur Turun Mesin Motor

Setelah dijelaskan diatas berapa biaya untuk turun mesin, apabila kalian mengikuti prosedur perawatan, operasional motor dan usia pemakaian lebih awet akan terjamin. Hal tersebut juga akan mengurangi tarif operasional dan perawatan kendaraan, terutama biaya untuk turun mesin.

Perawatan hendaknya lebih sering dilakukan jika kendaraan digunakan setiap hari seperti pada daerah berdebu, basah dan kondisi musim hujan. Dan perlu diketahui tanda-tanda sepeda motor ketika ingin turun mesin, antara lain.

  • Daya motor berkurang
  • Suara mesin kasar
  • Keluar asap putih
  • Motor susah menyala

Jika hal tersebut terjadi pada mesin motor kalian, maka mau tidak mau harus membawa ke bengkel guna melakukan service.

Tips Mencegah Turun Mesin Motor

Bagi kendaraan roda dua, masalah turun mesin adalah hal yang paling dihindari. Begitu juga pada motor kalian, mencegah supaya tidak sampai terjadi turun mesin lebih baik daripada harus mengeluarkan biaya lebih mahal. Ada beberapa tips pencegahan yaitu.

  • Tepat waktu ganti oli
  • Melakukan service ringan dengan rutin
  • Menggunakan motor secara wajar
  • Perhatikan kondisi knalpot
  • Bersihkan motor secara rutin

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari www.abikublog.com mengenai biaya turun motor beserta penyebab serat efek hingga prosedur dan tipsnya. Semoga bisa dijadikan referensi ketika mengalami hal serupa.

Bagikan: