Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih 2024: Bebek & Matic

Andri Darmawan

Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih – Menjaga motor itu harus dilakukan agar mesin dapat bekerja secara maksimal supaya tidak terjadi kerusakan. Tetapi kalau hal tersebut sudah terjadi dan berlanjut maka harus ada perbaikan, salah satu contohnya yaitu saat motor keluar asap putih.

Selain tidak nyaman karena menimbulkan polusi udara, motor keluar asap putih juga bisa menandakan bahwa terdapat beberapa masalah pada komponen di dalamnya. Jika demikian, maka pastinya dibutuhkan adanya biaya perbaikan motor keluar asap putih di bengkel.

Tapi sebelum membahas tentang biaya perbaikan motor keluar asap putih, penting juga untuk kalian ketahui apa penyebab munculnya permasalahan tersebut. Jika motor ngebul seperti mengeluarkan asap putih, nantinya bisa jadi menimbulkan sejumlah kerusakan.

Maka dari itu, apabila sobat Abikublog mengalami permasalahan serupa seperti di atas, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu rincian biaya perbaikannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya perbaikan motor keluar asap putih semua tipe ataupun jenis kendaraannya.

Penyebab Motor Keluar Asap Putih

Asap yang keluar dari motor kerap membuat pengendara lainnya mungkin merasa tidak nyaman. Bukan hanya itu saja, tetapi ada makhluk hidup lainnya juga bakal terganggu karena ada asap motor keluar dan mengakibatkan pencemaran udara.

Penyebab munculnya permasalahan tersebut tentunya cukup beragam dan berbeda karena berkaitan dengan berbagai faktor. Sebelum membahas biaya perbaikan motor keluar asap putih lebih lanjut berikut kami berikan beberapa penyebabnya.

1. Liner Mesin / Silinder Aus

Penyebab pertama motor mengeluarkan asap karena liner mesin atau silinder sudah aus, dalam kondisi ini bisa membuat oli mengalir ke dalam ruang bakar sehingga ada celah untuk mengeluarkan asap.

2. Batang Katup Bengkok

Batang katup membengkok juga akan mengakibatkan komponen klem tidak berada di posisi center. Hal tersebut akan memperbesar oli yang mengalir ke dalam manifold, tidak terhubung langsung ke ruang bakar.

3. Ring Piston Aus

Ring piston sudah aus juga akan menimbulkan celah dalam saluran mesin motor, dan bisa masuk ke ruang bakar, sehingga bisa menimbulkan keluar asap putih.

4. Seal Katup Bocor

Seal katup bocor juga bisa disebabkan motor sudah dalam jangka waktu lama, sehingga lambat laun akan mengalami pengurangan kerapatan.

5. Oli Mesin Bocor

Oli mesin bocor juga menjadi penyebab keluarnya asap putih, karena oli motor terlalu encer juga akan lebuh mudah masuk ke ruang pembakaran. hal ini kalian cukup lakukan penggantian oli secara rutin setiap 2 bulan sekali.

6. Bahan Bakar

Bahan bakar juga harus di sesuaikan dengan karakteristik mesin sehingga kinerjanya lebih halus dan tidak menjadi penyebab motor mengeluarkan asap putih.

Bahaya Motor Keluar Asap Putih

Jika motor mengeluarkan asap putih itu bisa jadi menandakan kondisi motor kalian sudah tidak normal lagi. Jika hal ini di biarkan terus menerus bisa mengakibatkan fatal bagi motor kalian, karena bisa terjadi pada mesin motor semuanya akan bermasalah dan berpengaruh pada tenaga motor.

Karena kinerja mesin pasti berbeda dengan normalnya, banyak juga komponen mesin motor harus segera di cek. Kalau kalian nanti menunda-nunda perbaikannya di bengkel, maka dapat dipastikan bahwa biaya service motor keluar asap putih pasti akan tidak sedikit.

Biaya Perbaikan Motor Keluar Asap Putih

Perlu diketahui untuk ongkos jasa perbaikan motor keluar asap putih itu biasanya tergantung dari tingkat kerusakan pada motor. Mengingat juga untuk perbaikan sendiri biasanya membutuhkan waktu lama, entah itu di bengkel umum maupun resmi.

Umumnya, tarif ongkos service motor keluar asap putih nantinya disesuaikan berdasarkan jenis layanannya. Daripada penasaran berapa biaya yang harus dikeluarkan, langsung simak saja rincian biaya perbaikan motor keluar asap putih di bawah ini.

1. Biaya Membersihkan Karburator

Jika terjadi motor keluar asap putih karena masalah karburator, biaya untuk membersihkan karburator berkisar antara Rp 200.000 – Rp 500.000. Tergantung pada tingkat masalah pada karburator.

2. Biaya Membersihkan Mesin

Jika terjadi motor keluar asap putih karena mesin kotor, ongkos jasa perbaikan ini berkisar antara Rp 500.000 – Rp 1.000.000. Tergantung pada tingkat kotoran pada mesin.

3. Biaya Ganti Oli

Jika terjadi motor keluar asap putih karena oli kotor atau habis, oli yang sudah kotor atau habis jika diganti untuk biayanya sendiri berkisar antara Rp 100.000 – Rp 300.000. Dan biasanya tergantung pada merek oli yang digunakan.

4. Biaya Ganti Busi

Jika terjadi motor keluar asap putih karena busi rusak, biaya untuk mengganti busi jika busi rusak berkisar antara Rp 50.000 – Rp 150.000. Biaya penggantian busi juga tergantung pada jenis atau merek busi.

5. Biaya ganti Filter Udara

Jika terjadi motor keluar asap putih karena filter udara kotor, biaya untuk service filter udara kotor berkisar antara Rp 50.000 – Rp 200.000. Biaya tergantung dari jenis filter udara yang digunakan.

Tips Mencegah Motor Keluar Asap Putih

Di atas sudah dibahas secara lengkap mengenai biaya perbaikan motor keluar asap putih disertai dengan penyebab permasalahannya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya ada beberapa cara maupun tips yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya permasalahan tersebut.

Pada intinya, motor keluar asap putih bisa disebabkan karena kurangnya perawatan secara berkala oleh para pemiliknya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips untuk mencegah agar motor tidak keluar asap putih atau ngebul.

  • Perhatikan Oli yang kalian gunakan
  • Pastikan mengganti Oli secara teratur
  • Rutin membersihkan knalpot
  • Rajin mengecek piston
  • Lakukan pemeriksaan sel katup secara berkala
  • Pastikan mengecek linner silinder
  • Perhatikan cara pemakaian motor

KesimpuIan

Itulah sekiranya penjelasan dari abikublog.com seputar biaya perbaikan motor keluar asap putih disertai sejumlah penyebab dan permasalannya. Semoga bisa jadikan referensi buat kalian ketika ingin memperbaiki motor keluar asap putih.

Bagikan: