Biaya Servis Shock Depan Motor 2024: Bebek & Matic

Andri Darmawan

Biaya Servis Shock Depan Motor – Shockbreaker terletak di bagian depan motor, tepatnya diantara roda yang mempunyai fungsi membantu motor ketika melawati jalan rusak agar tetap stabil. Seiring berjalannya waktu, komponen kendaraan roda dua ini bisa mengalami kerusakan.

Salah satu jenis masalah yang seringkali muncul pada shock depan motor yaitu adanya kebocoran. Untuk memperbaikinya, sebenarnya kalian bisa membawanya ke bengkel spesialis shockbreaker. Akan tetapi, biasanya pihak bengkel mempunyai ketentuan mengenai biaya servis shock depan motor.

Secara garis besarnya, biaya servis shock depan motor nantinya akan bergantung pada beberapa hal, mulai dari type kendaraan hingga tingkat kerusakannya. Selain itu, jenis shock depan motor juga nantinya bisa mempengaruhi besaran tarif jasa perbaikannya di bengkel.

Oleh sebab itu, apabila sobat Abikublog mengalami permasalahan serupa seperti di atas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biaya perbaikannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai rincian biaya servis shock depan motor di bengkal resmi maupun umum.

Ciri Shock Depan Motor Rusak

Sebelum membahas biaya servis shock depan motor lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri kerusakannya. Setiap komponen di dalam motor yang mengalami kerusakan pada umumnya akan memberikan beberapa ciri atau indikasi.

Bagi para pemilik kendaraan roda dua tersebut pastinya akan merasakan adanya perbedaan ketika motor rusak, termasuk pada komponen shock depan. Sebagai bahan gambaran, dibawah ini akan kami berikan sejumlah ciri atau indikasi shock depan motor rusak.

  • Oli shock depan bocor
  • Motor limbung atau tidak stabil saat dikendarai dengan kecepatan tinggi
  • Permukaan ban terkikis secara tidak rata
  • Posisi setang tidak pas

Penyebab Shock Depan Motor Bocor

Sebelum lanjut membahas biaya servis shock depan motor, penting untuk kalian ketahui juga peyebabnya. Sebenarnya perawatan kendaraan roda dua itu cukup mudah, jika kalian melakukan secara rutin, maka masalah bisa teratasi sejak awal.

Pasalnya, masih banyak pengguna motor yang kurang memperhatikan komponen shockbreaker. Padahal komponen ini mempunyai fungsi penting, sehingga kalian juga perlu memperhatikan lebih supaya bisa mendapatkan kinerja shock semakin bagus.

Buat kalian yang belum tahu tentang penyebab terjadinya shock depan motor bocor, bisa simak ulasan berikut ini.

Seal Motor Aus

Setiap komponen motor mempunyai masa pakai, begitu pun dengan seal shock motor. Pemakaian shock depan yang sudah lama membuat komponen tersebut mulai aus, akibatnya oli shock depan motor akan mengalami kebocoran. Untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan mengganti seal dengan yang baru.

Gaya Berkendara Buruk

Motor sering digunakan untuk melewati jalan dengan kondisi jalan tidak rata atau bergelombang membuat shock depan cepat rusak. Hal tersebut bisa kalian rasakan pada motor menjadi tidak stabil dan limbung.

Kotoran Menumpuk di Shock

Kondisi jalanan yang berlumpur dan penuh genangan air, terutama saat musim hujan membuat kotoran dapat menempel dan tidak segera dibersihkan. Dengan menumpuknya kotoran pada area tersebut, hal ini bisa menimbulkan kinerja akan berkurang dan shock bagian depan menjadi terhambat.

Biaya Servis Shock Depan Motor

Suspensi depan menggunakan sistem hidraulik dan pneumatik. Sistem ini membutuhkan silinder yang berisi cairan kental berupa minyak hidrolik. Hampir sama seperti saat memperbaiki mesin motor rembes, perbaikan shock depan motor rusak membutuhkan biaya yang berbeda-beda tergantung jenis motor dan bengkelnya.

Biaya servis juga dilihat dari komponen yang rusak, jika terjadi hal tersebut tentu kalian harus mengeluarkan biaya tambahan. Pada umumnya untuk tarif di bengkel resmi atau umum tidak jauh berbeda. Berikut rincian daftar biaya servis shock depan sepeda motor sesuai jenisnya:

Tipe MotorBiaya Servis
Motor maticRp 60.000
Motor bebekRp 60.000
Motor sportRp 100.000
Motor trail 150 ccRp 200.000
Motor trail 250 ccRp 250.000

Waktu Ideal Servis Shock Depan Motor

Meskipun secara penampilan shock depan motor masih terlihat normal, perawatan secara rutin juga tetap diperlukan. Sebelum penampilan fisiknya mengalami perubahan, shockbreaker yang sudah menurun fungsinya dapat dirasakan ketika berkendara.

Karena di dalam shock juga terdapat oli, tentu ada masanya. Serta perlu adanya penggantian oli jika motor sudah mencapai jarak tertentu, sebetulnya perawatan shock cukup mengganti oli saja. Supaya bisa meminimalisir biaya servis shock depan.

Jarak tempuh yang dianjurkan untuk melakukan pergantian oli shock depan yaitu 15.000 km dan berlaku kelipatan jika karet seal sudah mengalami kerusakan. Untuk penggantian oli dianjurkan mengganti pada kedua batang shock, supaya hasilnya seimbang dan maksimal saat kembali dipakai.

Apabila per di dalam shock depan motor sudah melemah nantinya juga disarankan untuk mengganti juga. Supaya cukup sekali bongkar bisa normal kembali.

Tips Mencegah Shock Depan Motor Bocor

Shockbreaker adalah komponen yang penting dalam meredam getaran, ukurannya sendiri berbeda-beda tergantung tipe dan berat berat baban motor masing-masing. Penyebab komponen ini rusak ada beberapa unsur, jika sudah rusak maka shockbreaker perlu adanya penggantian.

Nah, maka kalian juga perlu mengeluarkan biaya untuk servis shock depan motor tersebut. Untuk mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi pada shock motor kalian, ada beberapa tips untuk bisa dilakukan.

  • Hindari membawa beban berat
  • Jangan pasang anting peninggi
  • Penggantian oli
  • Bersihkan secara rutin
  • Perhatikan stanchion

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari abikublog mengenai biaya servis shock depan motor beserta ciri hingga waktu penyebab dan tipsnya. Semoga bisa menjadi referensi buat kalian yang mengalami hal serupa.

Bagikan: