Biaya Skotlet Motor Beat Full Body dan Lama Pengerjaan

Andri Darmawan

Biaya Skotlet Motor Beat Full Body – Skotlet menjadi salah satu cara untuk mempercantik tampilan. Dengan menggunakannya bisa melindungi cat asli dari benturan atau goresan.

Seperti halnya jika body motor sudah kusam, solusi terbaik adalah memasang skotlet. Namun masih banyak orang mempertanyakan berapa biaya pasang skotlet motor Beat full body.

Pada dasarnya biaya pemasangan skotlet motor Beat berbeda-beda tergantung jenis serta pengerjaan bengkel variasi. Misalnya pemasangan skotlet pada bagian lampu depan dapat melindungi dari goresan.

Skotlet pada motor memang menawarkan banyak keuntungan, namun untuk proses pengerjaan full body membutuhkan dana yang lebih besar. Lalu apa saja kelebihan pasang skotlet motor Beat full body? Jika penasaran simak pembahasan di bawah ini.

Pasang Skotlet Kena Tilang?

Sebelum memasang skotlet di body motor, kalian juga harus mempertimbangkan beberapa risikonya. Bagi orang yang sering melakukan modifikasi harap hati-hati. Pasalnya berpotensi kena tilang polisi dengan denda Rp 500.000. Denda tersebut dikenakan karena warna body motor berbeda dari STNK aslinya.

Jika menggunakan skotlet motor full body akan mengubah cat asli. Sehingga warna kendaraan dapat berbeda dengan STNK. Jadi motor tersebut akan sulit di registrasi ulang.

Jika skotlet sedikit saja dan tidak mengubah warna di STNK maka masih diperbolehkan. Hal tersebut karena perubahan fisik kendaraan bermotor wajib di registrasi oleh Kepolisian. Jika ingin skotlet full body, disarankan melakukan registrasi ulang STNK di Samsat.

Biaya Skotlet Motor Beat Full Body

Umumnya biaya memasang skotlet motor Beat full body bervariasi. Jadi sebelum pasang full body, baiknya ketahui dulu jenis skotletnya. Berikut rekomendasi beberapa jenis skotlet beserta harganya.

Jenis SkotletHarga per Meter
ScothliteRp 40.000
D-CifixRp 25.000
RitramaRp 65.000
GlittreRp 40.000

Pemasangan full body membutuhkan jumlah skotlet lebih banyak. Dibandingkan memasang bagian tertentu seperti lampu belakang, biayanya akan jauh lebih mahal.

Biaya memasang skotlet motor Beat full body berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000. Namun harga tersebut belum termasuk ongkos jasa pemasangan di bengkel variasi.

Untuk ongkos jasa pemasangan dapat bervariasi di setiap daerah. Biasanya setiap bengkel variasi mematok harga kisaran Rp 150.000 hingga Rp 300.000. Tarif tersebut berdasarkan tingkat kesulitan dan lama pengerjaan.

Total biaya skotlet motor Beat full body antara Rp 650.000 sampai dengan Rp 1.800.000. Meskipun tarifnya mahal, penting untuk memperhatikan kualitas pemasangannya. Karena kualitas skotlet yang bagus memiliki biaya cukup mahal namun lebih memuaskan hasilnya. Jadi sebelum memutuskan memasang skotlet full body motor Beat sebaiknya melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan pihak bengkel.

Kelebihan dan Kekurangan Pasang Skotlet

Skotlet mampu menutup body motor sehingga tampilannya lebih menarik. Penggunaan skotlet pada motor menawarkan beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kelebihan

Pengguna motor pasti menginginkan tampil beda dengan lainnya. Cara paling mudah salah satunya dengan mengubah warna menggunakan skotlet. Kelebihannya pemilik motor Beat bisa melindungi body dan menutupi goresan.

1. Melindungi Body

Selain membuat tampilan menarik, skotlet juga melindungi body asli dari benturan. Karena vinyl skotlet cukup tebal sehingga body motor lebih kuat.

2. Menutupi Goresan

Jika body motor sudah tergores, skotlet merupakan solusi untuk menutupinya. Harganya lebih murah daripada harus mengecat ulang.

3. Lebih Hemat

Menggunakan skotlet jadi alternatif bagi pemilik motor ketika ingin memberikan tampilan baru. Karena pengerjaan skotlet full body motor Beat tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

Kekurangan

Selain kelebihan skotlet full body di atas, pasti ada juga kekurangannya. Lebih baik mempertimbangkan dulu sebelum motor di skotlet full body. Karena ada risiko merusak body motor serta warna aslinya.

1. Body Bisa Lecet

Pemasangan sembarangan dapat menimbulkan risiko lecet pada permukaan body. Jika skotlet terpasang terlalu erat atau digosok benda keras dapat menyebabkan lecet pada body. Hal tersebut membuat tampilan motor tidak sempurna serta mempengaruhi harga jualnya. Oleh karena itu pastikan datang ke bengkel variasi profesional.

2. Merusak Warna

Skotlet tidak berkualitas atau pemasangan yang salah dapat merusak cat asli body motor. Hal tersebut disebabkan bahan kimia pada lem skotlet. Warna motor dapat mengalami perubahan saat skotlet dilepas.

3. Meninggalkan Bekas Noda Lem

Jika proses melepas skotlet tidak dilakukan secara benar akan menyebabkan terbentuknya noda lem. Hal tersebut terjadi jika lem terkena sinar matahari atau suhu tinggi sebelum dipasang.

Lem sulit dihilangkan serta meninggalkan bekas pada body motor. Untuk menghindarinya dengan memilih jenis lem skotlet yang tepat serta memasang pada suhu normal.

Berapa Lama Pasang Skotlet Full Body?

Perlu diperhatikan saat memilih bengkel variasi adalah lama pengerjaannya. Pemasangan skotlet motor full body biasanya memakan waktu 2 x 24 jam. Kalian harus bersabar serta memastikan tidak ada masalah selama proses pemasangan.

Sebaiknya kalian datang ke bengkel variasi pada hari libur. Sehingga saat hari kerja motornya dapat digunakan kembali. Jangan lupa berdiskusi dengan pihak bengkel supaya hasilnya memuaskan.

Kesimpulan

Harga skotlet motor full body berbeda-beda mulai dari Rp 500.000 sampai jutaan. Besaran biaya pasang ditentukan sesuai jenis, tingkat kesulitan serta proses pengerjaan. Menggunakan skotlet tidak hanya memberi tampilan baru, namun juga melindungi body terkena goresan atau sinar matahari langsung.

Sekian pembahasan dari www.abikublog.com mengenai biaya pemasangan skotlet motor Beat full body. Semoga menjadi referensi ketika kalian bingung dengan besaran biaya yang dikeluarkan.

Bagikan: