Biaya Tes Mantoux 2024: Fakta, Prosedur & Manfaat

Anang Darsono

Biaya Tes Mantoux – Penting bagi setiap individu untuk menjaga kesehatan mereka dengan baik, terutama ketika datang ke pencegahan penyakit yang bisa mengancam nyawa. Salah satu upaya pencegahan penting adalah tes Mantoux, yang digunakan untuk mendeteksi infeksi tuberkulosis (TB).

Tes Mantoux, juga dikenal sebagai tes tuberkulin, adalah tes yang digunakan untuk mendeteksi adanya infeksi TB pada tubuh. Tes ini melibatkan penyuntikan kecil di bawah lapisan atas kulit, biasanya di lengan bawah. Setelah beberapa waktu, reaksi kulit dievaluasi untuk menentukan apakah ada indikasi infeksi TB.

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang serius dan dapat membahayakan nyawa. Oleh karena itu, mendeteksi infeksi dengan tes Mantoux adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan pribadi Anda serta melindungi orang di sekitar Anda.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjalani tes ini, penting untuk memahami biaya yang terkait. Artikel abikublog.com ini akan membahas biaya tes Mantoux serta informasi tentang harga suntik Mantoux di berbagai tempat, seperti puskesmas, Prodia, Lab Pramita, Mitra Keluarga, dan Parahita.

Mengenal Bahaya Penyakit Tuberkulosis

Mengenal Bahaya Penyakit Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah infeksi serius pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menyebar lewat udara. Bakteri tersebut dapat tetap tidak aktif didalam tubuh selama bertahun-tahun.

Bahaya dari infeksi paru-paru ini akan terasa apabila sistem kekebalan tubuh melemah. Penyakit ini dapat berakibat fatal, apabila tidak segera ditangani. Kendati demikian, TBC masih dapat disembuhkan dan di cegah.

Itulah sebabnya penting bagi Anda semua untuk mengenali bahaya dari Tuberkulosis. Berikut gejala dan kompilkasi infeksi TBC yang wajib diketahui.

Gejala Tuberkulosis

Ketika sistem kekebalan tubuh mulai melemah, TB akan menjadi aktif yang biasanya menimbulkan gejala sebagai berikut:

  • Demam
  • Nyeri dada
  • Penurunan berat badan
  • Berkeringat di malam hari
  • Batuk lebih dari 3 minggu dan dapat disertai dahak atau darah.

Komplikasi Tuberkulosis

Selain menyebabkan infeksi pada paru-paru, tuberkulosis juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui aliran darah dan berikut beberapa komplikasi tuberkulosis.

1. Nyeri Tulang Belakang: Komplikasi paling umum tuberkulosis yaitu sakit punggung dan kekakuan.

2. Kerusakan Sendi: Tidak hanya menyerang paru-paru arthritis tuberkulosis juga bisa menyebar ke pinggul dan lutut.

3. Mengitis: Pembengkakan pada selaput otak dapat menyebabkan lama atau berselang-seling yang terjadi selama berminggu-minggu.

4. Masalah Hati dan Ginjal: Organ hati dan ginjal sangat membantu proses penyaringan limbah dan kotoran dalam aliran darah. Fungsi ini dapat terhambat apabila hati atau ginjal terserang tuberkulosis.

5. Gangguan Jantung: Terkadang, tuberkulosis juga bisa menginfeksi jaringan yang mengelilingi jantung. Hal ini menyebabkan mengganggu kemampuan jantung untuk memompa secara efektif karena terjadi peradangan dan pengumpulan cairan.

Manfaat Melakukan Tes Mantoux

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwasanya, Tes Mantoux, juga dikenal sebagai tes tuberkulin, adalah tes yang digunakan untuk mendeteksi adanya infeksi TB pada tubuh. Tes kesehatan ini adalah bentuk perlindungan diri dari bahaya tuberkulosis.

Tidak hanya mendeteksi TBC demi keberlangsungan proses pengobatan, namun juga memiliki manfaat lainnya. Adapun beberapa manfaat tes Mantoux yaitu sebagai berikut.

  • Mendeteksi seseorang positif TBC lebih dini, sehingga segera dapat dilakukan pengobatan sekaligus melakukan pencegahan penularan virus TBC.
  • Mengetahui seseorang terpapar atau terinfeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis di dalam tubuh sebelum aktif meski belum menujukan gejala.
  • Menghindari risiko tinggi seseorang terkena infeksi tuberkulosis.
  • Mendeteksi TB laten yang tidak memunculkan gejala.

Ingatlah bahwa tes Mantoux adalah langkah awal dalam menjaga kesehatan Anda dan melindungi orang di sekitar Anda dari risiko penyakit tuberkulosis. Dengan mengambil langkah yang bijak dan memilih penyedia layanan kesehatan yang terpercaya, Anda dapat mengutamakan kesehatan Anda tanpa perlu khawatir tentang biaya yang dikeluarkan.

Kapan Anda Perlu Melakukan Tes Mantoux?

Kapan Anda Perlu Melakukan Tes Mantoux

Jika mengalami gejala yang mengarah pada tuberkulosis, seperti demam, batuk, penurunan berat badan dan berkeringat di malam hari, maka segeralah mengunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

Jika dokter mengindikasi Anda terkena TB dengan gejala tidak khas atau mengarah ke infeksi bakteri, tetapi hasil pemeriksaan tidak reaktif, maka dapat dilakukan tes Mantoux untuk menentukan diagnosis yang tepat dan akurat.

Akan tetapi, bukan hanya seseorang dengan gejala tuberkulosis yang dapat melakukan skrinning TB, tes ini juga bisa dilakukan pada:

  • Orang-orang di negara dengan kasus TB yang tinggi, seperti negara Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Afrika.
  • Pekerja di panti, rumah sakit, klinik, tempat penampungan, atau penjara di mana terdapat penderita TB aktif di dalamnya.
  • Orang yang tinggal di dekat penderita tuberkulosis aktif.
  • Orang dengan penyakit tertentu yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh, seperti rheumatoid arthritis dan HIV.

Biaya Tes Mantoux

Biaya tes Mantoux dapat bervariasi tergantung pada tempat dan penyedia layanan kesehatan yang Anda pilih. Beberapa tempat umum yang menyediakan tes Mantoux termasuk puskesmas, Prodia, Lab Pramita, Mitra Keluarga, dan Parahita. Berikut adalah beberapa perkiraan biaya yang mungkin Anda temui di tempat-tempat tersebut:

Biaya Tes Mantoux di Puskesmas

Biasanya, tes Mantoux di puskesmas dapat memiliki biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan fasilitas medis lainnya. Harga ini dapat berkisar Rp 25.000 per pemeriksaan. Namun, di beberapa Puskesmas biaya tes Mantoux gratis menggunakan BPJS.

Biaya Tes Mantoux di Prodia

Prodia adalah salah satu laboratorium medis terkemuka yang menawarkan tes Mantoux. Biaya di Prodia mungkin lebih tinggi, berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 350.000 atau lebih, tergantung pada daerah dan layanan yang Anda pilih.

Biaya Tes Mantoux di Lab Pramita

Lab Pramita juga merupakan penyedia layanan medis terkenal. Biaya tes Mantoux di Lab Pramita mungkin memiliki kisaran yang tak jauh berbeda dengan Prodia, yaitu Rp 125.000.-

Biaya Tes Mantoux di Mitra Keluarga

Mitra Keluarga adalah salah satu jaringan rumah sakit swasta yang cukup populer. Biaya tes Mantoux di Mitra Keluarga bisa berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000 atau lebih.

Biaya Tes Mantoux di Parahita

Parahita adalah pusat pelayanan kesehatan yang juga menawarkan tes Mantoux. Biaya di Parahita mungkin memiliki kisaran yang serupa dengan Mitra Keluarga, yakni antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000 atau lebih.

Harga Tes Mantoux di Rumah Sakit

Rata-rata harga tes tuberkulin berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000.- Namun, setiap rumah sakit menerapkan harga berbeda-beda dan berikut biaya tes Mantoux di beberapa rumah sakit.

Nama Rumah SakitHarga
RSUP WahidinRp 80.000
RSU Tangerang SelatanTes Mantoux Anak: Rp 93.500
Tes Mantoux Dewasa: Rp 114.000
RS Paru Sumatra BaratRp 100.000
RSUD Dr. Ir. Soekarno, Bangka BelitungRp 125.000
RSUD SidoarjoRp 125.000
Rumah Sakit Misi LebakRp 148.000
RSUD Kabupaten BogorRp 150.000
RSIA Bunda Sejati TangerangRp 190.000
RSUD Bari PalembangRp 250.000
Lab Prodia SurabayaRp 351.000
Siloam Hospitals TB SimatupangRp 500.000
Klinik Anugerah Ibu YogyakartaRp 1.000.000
Insani Medical CentreRp 1.071.000
Primaya Hospital MakassarRp 1.725.000

Meskipun harus membayar biaya untuk tes Mantoux, namun itu bukan sebuah kerugian besar mengingat itu sangat sepadan dengan manfaat yang diperoleh. Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir dikarenakan tes Mantoux ini dapat dicover BPJS. Sehingga tarif pemeriksaan dokter, tes Mantoux serta obat tidak dipungut biaya.

Prosedur Tes Mantoux

Prosedur Tes Mantoux

Bukan hanya perihal biaya tes Mantoux saja yang harus Anda ketahui, namun prosedur tes turbekulin ini juga perlu dipahami. Dengan memahami prosedur, maka pemeriksaan dapat dilakukan dengan baik.

Tes Mantoux dilakukan dengan menyuntikan cairan PPD turbeculin pada kulit. Dokter akan memberi tanda di sekeliling benjolan bekas suntikan untuk mengetahui adanya perubahan ukuran atau tidak.

Dalam kurun waktu 48-72 jam pasca tes Mantoux dilakukan, dokter akan memeriksa kembali benjolan tersebut untuk melihat adanya perubahan. Apabila benjolan tidak membesar, maka pasien negatif TB.

Hasil tes positif dapat dibaca dengan tanda perubahan ukuran benjolan menjadi lebih besar 5-10 mm dan terdapat peradangan. Namun, hasil tes masih memerlukan pemeriksa lebih lanjut untuk memastikan ada atau tidaknya infeksi TB.

Kesimpulan

Tes Mantoux adalah langkah penting dalam deteksi dini tuberkulosis dan menjaga kesehatan Anda. Meskipun biaya tes Mantoux dapat bervariasi tergantung pada tempat dan penyedia layanan, kesehatan Anda adalah investasi yang tak ternilai harganya. Pilihlah tempat yang memiliki reputasi baik dan akurasi hasil yang tinggi. Meskipun biaya mungkin menjadi pertimbangan, pastikan Anda tidak mengorbankan kualitas pelayanan dan akurasi hasil demi harga yang lebih murah.

Sumber gambar: sehatq.com, gayasehatku.com, alomedika.com, k24klik.com

Bagikan: