Biaya Membersihkan Telinga di Kimia Farma 2024: Umum & BPJS

Andri Darmawan

Biaya Membersihkan Telinga di Kimia Farma – Telinga merupakan salah satu alat indera yang memiliki peran penting bagi manusia. Dengan telinga kalian jadi dapat mendengar berbagai macam bunyi dan suara orang-orang sekitar. Untuk menjaga kesehatan telinga, tentunya dibutuhkan adanya pembersihan secara berkala.

Untungnya, saat ini pembersihan telinga bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Kimia Farma. Akan tetapi, tentunya tempat pelayanan kesehatan tersebut mempunyai ketentuan mengenai tarif atau biaya membersihkan telinga di Kimia Farma.

Biasanya, biaya membersihkan telinga di Kimia Farma akan bergantung pada beberapa hal, salah satunya tentang fasilitas yang digunakan oleh pasien. Selain itu, tingkat kesulitan dalam membersihkan telinga juga nantinya bisa mempengaruhi besaran tarif pelayanannya.

Nah, buat sobat Abikublog jika mengalami masalah serupa, jangan ragu untuk segera langsung datang ke Kimia Farma. Berapa sih biaya membersihkan telinga di Kimia Farma? Lebih baik simak dulu ulasan ini hingga akhir.

Jenis Penyakit Pada Telinga

Sebelum lanjut berapa biaya yang dibutuhkan untuk membersihkan telinga di Kimia Farma, perlu di ketahui dulu penyakit apa saja sih yang bisa menyerang telinga? Berikut jenis-jenis penyakit pada telinga dan penjelasannya.

Gendang Telinga Pecah

Gendang telinga pecah memang bukan suatu penyakit, tetapi gangguan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  • Infeksi telinga
  • Otitis media parah
  • Telinga bagian dalam tertusuk benda
  • Suara yang terlalu keras seperti suara ledakan
  • Cedera pada kepala
  • Perubahan tekanan udara secara mendadak seperti saat menyelam atau pada saat di dalam pesawat

Otitis Media

Otitis media yaitu infeksi telinga bagian tengah pada umumnya disebabkan oleh bakteri dan virus. Infeksi ini sering terjadi pada anak-anak, biasanya infeksi ini terjadi ketika dinding pada saluran tuba eustachius mengalami peradangan akibat infeksi. Gejala umumnya terjadi pada infeksi ini adalah rasa sakit di telinga, keluar cairan dari dalam telinga hingga menurunnya kemampuan saat mendengar.

Otitis Interna

Otitis interna adalah infeksi telinga bagian dalam, umumnya penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan virus. Otitis interna merupakan infeksi lanjutan atau komplikasi dari ototis media yang parah, kalau tidak segera diobati bisa mengganggu fungsi pendengaran. Gejala yang terjadi yaitu pusing, hilangnya keseimbangan, berdenging, rasa sakit di telinga bagian dalam, muntah bahkan sampai kehilangan pendengaran.

Otitis Eksterna

Selain otitis interna terdapat juga otitis eksterna, namun gangguan ini berbeda dengan otitis interna. Infeksi ini terjadi pada saluran telinga luar yang menjalar dari gendang telinga hingga saluran bagian luar telinga. Infeksi ini bisa menyebabkan pembengkakan, warna kemerahan, dan rasa nyeri di bagian saluran telinga luar. Infeksi ini dapat menyerang kedua telinga.

Otitis eksterna disebabkan oleh bakteri, terkadang juga disebabkan oleh iritasi, alergi dan jamur. Gejala yang terjadi yaitu rasa sakit pada saluran telinga, keluar cairan dalam telinga dan kulit saluran telinga mengering.

Mastoiditis

Infeksi ini cukup serius karena menyerang tulang yang terletak di belakang telinga. Biasanya infeksi tersebut muncul ketika sel mastoid terinfeksi, jika sel ini terinfeksi bisa terjadi peradangan. Peyakit mastoiditis umumnya sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa. Gejala yang terjadi yaitu rasa sakit, warna kemerahan, dan pembengkakan di bagian belakang telinga, keluar cairan dari dalam telinga, sakit kepala sehingga bisa menurunkan kemampuan saat mendengar.

Biaya Membersihkan Telinga di Kimia Farma

Setelah mengetahui jenis penyakit telinga, penting juga untuk mengetahui besaran biaya administrasinya. Perlu diinformasikan bahwa harga periksa kesehatan di Klinik Kimia Farma biasanya cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tarif di puskesmas.

Biaya membersihkan telinga di Kimia Farma juga berbeda-beda, hal ini bisanya membuat pasien dimintai keterangan untuk memilih layanan biaya. Selain itu, antara pasien umum dan BPJS juga pastinya mempunyai sejumlah perbedaan, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Pasien Umum

Biasanya biaya membersihkan telinga untuk pasien umum di Klinik Kimia Farma akan lebih tinggi. Secara umum, rata-rata tarif pemeriksaan telinga oleh dokter spesialis di semua cabang klinik Laboratorium Kimia Farma berkisar antara Rp 150.000 sampai Rp 300.000 per kunjungan.

Biaya tersebut mencakup administrasi, pendaftaran, pemeriksaan, dan konsultasi. Selain itu, pasien juga perlu membayar biaya tambahan untuk pengadaan obat jika mengalami gangguan telinga tersebut.

Pasien BPJS

Kalian juga bisa memanfaatkan BPJS kesehatan untuk menanggung biaya membersihkan kotoran telinga di Kimia Farma. Layanan tersebut merupakan bagian dari sistem jaminan kesehatan nasional yang dikenal sebagai kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Selain di Kimia Farma, BPJS kesehatan juga bisa menanggung biaya membersihkan telinga di dokter spesialis terdekat. Setelah kalian mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti klinik atau Puskesmas. Dengan demikian, surat rujukan tersebut kalian bisa membersihkan telinga secara gratis.

Waktu Ideal Membersihkan Telinga di Kimia Farma

Pembersihan telinga adalah prosedur membersihkan kotoran yang menumpuk dalam saluran telinga. Kotoran tersebut kalau dibiarkan terus menerus akan mengganggu saluran pendengaran. Nah, ketika kalian mengalami beberapa kondisi tertentu, sangat disarankan untuk melakukan pembersihan telinga di Kimia Farma.

Adapun kondisi yang dimaksud yaitu seperti di bawah ini:

  • Mengalami keluhan sakit telinga
  • Terjadi penyumbatan lubang telinga
  • Terjadi infeksi
  • Dokter sulit melakukan pemeriksaan pada bagian dalam telinga, karena tertutup kotoran
  • Ada benda asing masuk yang tidak sengaja masuk

Tips Menjaga Kebersihan Telinga

Merawat telinga menjadi kebiasaan penting yang perlu dilakukan guna mencegah telinga dari gangguan pada kesehatan. Membersihkan telinga secara rutin menjadi salah satu cara supaya bisa dilakukan sebagai langkah perawatan.

Supaya bisa lebih menghemat biaya membersihkan telinga di Kimia Farma, sebaiknya cari tahu bagaimana cara menjaga agar telinga bisa tetap bersih tanpa adanya kotoran. Berikut ini tips yang bisa dilakukan.

Bersihkan dengan Air Hangat

Bersihkan telinga secara rutin menggunakan kain bersih dengan air hangat. Berikut langkahnya.

  • Pastikan kain steril
  • Cuci tangan
  • Setelah tangan bersih, balutkan kain pada salah satu jari
  • Celupkan air hangat
  • Bersihkan telinga secara perlahan mulai dari daun telinga hingga ke bagian dalam telinga
  • Jangan terlalu dalam saat membersihkan telinga karena berisiko infeksi

Bersihkan Telinga dengan Baby Oil

Selain dengan air hangat, kalian juga bisa membersihkan telinga bagian luar menggunakan baby oil.

  • Kalian bisa menggunakan kain dengan cara yang hampir sama dengan menggunakan air hangat
  • Menggunakan cotton bud yang diteteskan baby oil selanjutnya bersihkan telinga bagian luar saja
  • Hindari pembersihan telinga dalam cotton bud untuk menghindari penumpukan kotoran pada telinga bagian dalam. Karena pembersihan telinga bagian dalam dengan cotton bud bisa memicu cedera

Kesimpulan

Demikian informasi dari abikublog mengenai rincian biaya membersihkan telinga di Kimia Farma beserta jenis penyakit telinga hingga waktu dan tipsnya. Semoga artikel diatas bisa menjadi referensi ketika ingin membersihkan telinga di Kimia Farma.

Bagikan: